Text
Jurnal ( Mimbar Hukum)
DILIHAT DARI SEGI INTERN HUKUM ISLAM DI TANAH AIR KITA BUKAN TIDAK MEMPUNYAI MASALAH, MASALAH ITU BAHKAN SERING SULIT DIPECAHKAN KARENA ACAPKALI DISANGKUTPAUTKAN DENGAN "KEPERCAYAAN YANG ADA PADA KELOMPOK UMAT ISLAM BERSANGKUTAN. DILIHAT DARI SEGI EKSTERN, MASALAH TERSEBUT DATANG DARI ORANG NON-MUSLIM JUGA DARI ORANG ISLAM SENDIRI YANG DI MASA LALU DAN JUGA SEKARANG SERING JUGA IKUT MEMBICARAKAN HUKUM ISLAM DIPANDANG DARI SUDUT AGAMA MEREKA ATAU IDEOLOGI (PAHAM) YANG MEREKA ANUT
HUKUM ISLAM, BAIK DI DALAM PENGERTIAN SYARI'AH MAUPUN DALAM PENGERTIAN FIGH, KEDUA DUANYA MENJADI MASALAH BAIK DALAM TEORI MAUPUN DALAM PRAKTEK PELAKSANAANNYA DI MASYARAKAT. TANPA MENGETAHUI MASALAH MASALAH ITU, KITA TIDAK AKAN MAMPU MELIHAT PROFIL HUKUM ISLAM DALAM POSISINYA SEBAGAI SALAH SATU KOMPONEN HUKUM INDONESIA YANG BERSIFAT MAJEMUK
SELAMA LEBIH KURANG SATU SETENGAH ABAD LAMANYA HUKUM ISLAM DI TANAH AIR KITA DIPERLAKUKAN TIDAK ADIL OLEH POLITIK HUKUM PEMERINTAH KOLONIAL BELANDA DAHULU SEHINGGA KEADAANNYA BAGAIKAN KERAKAP TUMBUH DI BATU, HIDUP SEGAN MATI TAK MAU KEADAAN INI DAPAT DILIHAT, MISALNYA PADA LEMBAGA PENEGAKAN HUKUM ISLAM ATAU PERADILAN AGAMA DAHULU DAN PADA SUBSTANSI HUKUM ISLAM SENDIRI TANTANGAN HUKUM ISLAM, KARENA ITU, MEMANG BERAT SEKALI DI TANAH AIR KITA, TERUTAMA SELAMA ABAD SNOUCK HURGRONJE ME INI SETELAH CHRISTIAN KAKAN TEORI RESEPSIN TEORI RESEPSINYA ADALAH TEORI YANG MENGATAKAN HUKUM ISLAM BUKAN HUKUM KALAU BELUM DITERIMA KE DALAM DAN OLEH HUKUM ADAT
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain